TEKS KPRI MERDEKA


Pengawas KPRI Merdeka

Jumat, 11 Januari 2013

motivasi MANAGEMEN WAKTU

MOTIVASI


Banyak Waktu & Sangat Kaya


Suatu saat saya berdiskusi dengan seorang rekan. Pada diskusi tersebut ia menjelaskan tentang 4 klasifikasi orang diukur dari tingkat kesuksesannya. Empat klasifikasi orang tersebut menurutnya adalah:


1. Tidak Punya Waktu dan Tidak Kaya.

Ciri orang tipe pertama adalah:
– Kerjaannya banyak
– Agenda kegiatannya sangat padat
– Tidak memiliki kuasa untuk mengatur waktu untuk dirinya, bahkan orang lain lah yang memiliki kuasa untuk mengatur waktu bagi dirinya: aktivitas apa yang harus ia lakukan
– Yang lebih disayangkan dari orang tipe pertama ini adalah aktivitas/kesibukannya tidak menjadikannya kaya.

2. Punya Waktu tapi Tidak Kaya.

Ciri orang tipe kedua:
– Punya kerjaan – kadang-kadang alias kebanyakan nganggur
– Punya kuasa untuk mengatur waktu bagi dirinya untuk menentukan apa yang mau ia lakukan dan apa yang tidak mau dia lakukan
– Walaupun orang tipe ini memiliki kuasa untuk mengatur waktu bagi dirinya, namun dalam hal kekayaan ia sama dengan orang tipe pertama

3. Tidak Punya Waktu tapi Kaya.

Ciri orang tipe ketiga:
– Tipe ketiga ini dari segi quantitas aktivitas sama dengan tipe orang pertama, hanya saja dari segi kualitas lebih baik dari tipe orang pertama, sehingga
– Apa yang ia kerjakan mendapatkan impact yang sepadan dan membuat dirinya kaya

4. Punya Waktu dan Kaya.

Ciri orang tipe keempat adalah:
– Memiliki kuasa penuh untuk mengatur waktu & mampu menentukan aktivitas apa yang akan ia lakukan dan yang tidak
– Orang tipe keempat ini menentukan aktivitas berdasarkan yang paling memberikan manfaat dan impact besar bagi dirinya (hukum prioritas)
– Dan yang pasti orang tipe ini, Kaya!

Berdasarkan 4 tipe di atas, tipe mana yang sama atau minimal mirip dengan keadaan anda sekarang? Dan tipe mana yang anda harapkan?

Ketika rekan saya menjelaskan keempat tipe tersebut ia pun bertanya kepada saya tipe apa yang saya harapkan? Saya pun balik bertanya, sebelum menjawab pertanyaannya? Rekan saya pun menjawab bahwa ia berharap seperti tipe yang keempat, punya waktu dan kaya.

Saya pun mengapresiasi jawabannya, kemudian ia langsung kembali bertanya tentang tipe yang saya harapkan, saya pun dengan tersenyum menjawab

“Tidak semuanya!”

sambil menerangkan bahwa yang saya harapkan adalah “Menjadi tipe orang kelima??? Yang tidak hanya sekedar ‘punya’ waktu dan ‘kaya’ tapi menjadi orang yang punya ‘banyak’ waktu dan ‘sangat’ kaya”. Itu jawaban saya…

Bagaimana dengan jawaban sahabat SP?

sumber : planet motivasi